sekolah unggul balikpapan

Alasan Sekolah Tidak Menjadi Sekolah Unggulan Balikpapan

Tidak semua sekolah bisa dikatakan sebagai sekolah unggulan, begitu pula dengan sekolah unggulan Balikpapan. Mungkin sekolah favorit bisa terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu, namun sekolah yang benar – benar unggulan biasanya tidak pada semua sekolah. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Sebab, ada banyak sekali tantangan untuk bisa membuat suatu sekolah dikenal sebagai sekolah unggulan. Nah, kali ini, Saya ingin membahas mengenai beberapa kendala yang membuat suatu sekolah sulit untuk mendapatkan predikat sekolah unggulan Balikpapan.

Kepemimpinan Sekolah yang Kurang Visioner

Pertama, salah satu kendala mengapa sebuah seolah sulit untuk bisa menjadi sekolah unggulan Balikpapan adalah karena sekolah tersebut tidak  memiliki pemimpin yang visioner yang mana dalam hal ini yang dimaksud adalah kepala sekolah. Sebagai suatu seorang pemimpin yang memimpin suatu instansi sekolah, sikap visioner sangatlah diperlukan karena akan membantu Anda sebagai guru atau sebagai siswa dalam menentukan langkah ke depan dan menyiasati tantangan yang mungkin terjadi di masa depan. Tak hanya itu, seorang kepala sekolah juga harus mampu dalam memutar balikkan kekurangan yang ada pada suatu sekolah sehingga menjadi suatu kelebihan di masa depan. Terakhir, kepala sekolah juga harus menjadi teladan yang baik dan memberikan contoh terpuji kepada para jajaran dan bawahannya. Dengan begitu, terciptalah lingkungan yang harmonis bukan?

Sumber Daya Manusia yang Rendah

Kemudian, kendala yang kerap kali ditemukan pada sekolah yang tak kunjung menjadi sekolah unggulan adalah soal sumber daya manusia yang kurang. Kurang disini bisa jadi berupa kuantitas jumlah pengajar, serta kualitas dari masing – masing pengajar tersebut. Sebenarnya yang sering terjadi adalah soal kualitas guru yang mungkin kurang. Mungkin tidak dalam segi penguasaan materi yang dimilikinya, namun dalam segi proses pengajaran dimanapnegajar tersebut tidak bisa menyampaikan informasi dengan baik kepada siswanya sehingga siswanya pun tidak bisa menangkan maksud guru tersebut. Hall inilah kemudian yang membuat siswa merasa tidak diajarkan dan menurunkan kualitas dari para siswanya juga.

Fasilitas yang Kurang Memadai

Terakhir, alasan yang mungkin seringkali juga terdengar mengapa suatu seolah tak kunjung menjadi sekolah unggulan adalah karena fasilitas yang kurang. Kondisi fasilitas yang kurang tentunya tidak akan membuat siswa dan pengajar melakukan kegiatan pembelajaran dengan sempurna dan maksimal. Hal ini akhirnya membuat para siswa mendapatkan informasi dan materi terkait pembelajaran secara terbatas. Jika kondisi ini terjadi terus menerus yang ada siswa benar – benar tidak pernah merasakan bagaimana proses pembelajaran yang optimal.

Itulah 3 hal yang seringkali menjadi alasan dan kendala mengapa sebuah seolah seringkali tak menjadi sekolah unggulan Balikpapan. Semoga menambah informasi Anda ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *