ilustrasi mesin kopi

Mesin Espresso Astoria Greta, Si Mungil Pembuat Kopi Ala Barista

Astoria Greta merupakan sebuah mesin pembuat kopi pabrikan perusahaan Italia, Astoria. Mesin ini telah digunakan oleh berbagai barista terkemuka di dunia, termasuk Indonesia.  

Ukurannya yang mungil menjadikan mesin espresso Astoria Greta sangat cocok digunakan baik di rumah maupun di area perkantoran. Penggunaannya yang sangat mudah juga membuatnya cocok digunakan baik oleh barista professional maupun semi-profesional, termasuk bagi anda yang baru memulai usaha coffee shop

Lantas, apa saja fitur-fitur yang ada pada Astoria Greta sehingga membuatnya sangat digemari? Berikut merupakan beberapa diantaranya.

  1. Desain Menarik

Astoria merupakan perusahaan pembuat mesin kopi yang selalu memadukan citarasa seni bernilai tinggi dalam produknya, tak terkecuali pada Greta.

Mesin espresso manual ini berbentuk kubus kecil dengan sentuhan futuristik. Pada bagian depan, terdapat keran untuk output air panas, keran output kopi, penampung bubuk kopi / portafilter, serta steam wand. Adanya keran air panas juga membuat mesin ini dapat digunakan tidak hanya untuk membuat kopi, tapi juga teh dan minuman hangat lainnya.

Bodi mesin terbuat dari besi serta plastik pada beberapa komponennya. Pada bagian atas, terdapat tangki untuk menampung hingga empat liter air, sangat cocok untuk digunakan dari pagi hingga petang.

Sejauh ini, terdapat dua pilihan warna mesin yang bisa dipilih pembeli. Satu merupakan warna merah tua, dan satu lagi berupa putih terang. 

  1. Mode membuat kopi 

Tergantung variannya, Greta juga memiliki tombol mode pembuatan kopi, diantaranya adalah single espresso serta double espresso.

Untuk membuat secangkir kopi dengan mesin espresso Astoria Greta, anda cukup menampung bubuk kopi pada portafilter yang telah dipadatkan oleh coffee tamper. Simpan portafilter pada mesin, dan tekan tombol jenis kopi yang diinginkan. Selesai, secangkir kopi espresso siap dinikmati. 

Bila mau, anda bisa menambahkan espresso dengan susu, yang dibuihkan lewat steam wand pada Greta. Susu hasil steam yang dituangkan diatas espresso dapat dibentuk sedemikian rupa, baik berbentuk daun, hati, atau yang lainnya, mirip seperti tampilan espresso di beberapa kedai kopi terkemuka.

  1. Mudah digunakan siapapun

Greta merupakan mesin espresso mini serbaguna yang bisa digunakan baik di rumah maupun di kantor. Berkat penggunaan yang mudah, siapapun dapat menikmati secangkir kopi espresso ala barista dengannya. 

Meski demikian, tentu saja diperlukan tenaga barista handal untuk membuat espresso dengan citarasa yang khas. 

  1. Tidak memerlukan proses pemipaan

Berbeda dengan mesin pembuat kopi lainnya, alat ini juga tidak memerlukan sistem pemipaan untuk mengalirkan air dari water tank kedalam mesin. Anda cukup menuangkan air melalui reservoir yang ada di bagian atas mesin. 

Adapun bila anda menginginkan alat ini terhubung dengan water tank (seperti untuk digunakan pada coffee shop besar), anda dapat pula memasang internal pump serta adapter kit pada Greta. 

Lewat fitur-fitur andalan diatas, mesin espresso Astoria Greta dapat memberi sensasi minum espresso buatan barista.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *