genset mitsubishi

Tips Penggunaan Genset Mitsubishi dengan Cara yang Aman

Penggunaan genset memang tidak bisa sembarangan, meskipun genset juga bisa memberikan penerangan pada saat terjadi pemadaman lampu namun tidak sedikit juga yang mengalami kecelakaan dalam menggunakan genset. Penggunaan genset juga harus sesuai dengan prosedur supaya tetap aman, menghindari terjadinya bahaya dan kasus-kasus yang tidak diinginkan. Dengan beragam jenis genset, Anda bisa menggunakan genset mitsubishi yang sudah terbukti aman digunakan. Berikut ini tips penggunaan genset dengan aman:

  1. Lokasi pengoperasian genset tidak terlalu dekat rumah Anda

Beberapa pembeli seringkali meremehkan peringatan dari produsen mengenai bahaya keracunan dari karbon monoksida yang disebabkan penggunaan genset mitsubishi terlalu dekat dengan rumah. Dari beberapa sumber menunjukkan adanya kematian dari pengguna yang menjalankan genset setiap tahunnya akibat lokasinya terlalu dekat dengan rumah. Selain itu, Anda juga tidak bisa menggunakan genset dalam keadaan pintu terbuka misalnya di garasi Anda. Anda juga tidak bisa menggunakan dan menjalankan di bawah atap rumah Anda. Pindahkan genset dari rumah dengan menerapkan pada kabel ekstensi yang ukurannya jauh lebih panjang. Sebagai alternatif untuk menghindari adanya bencana secara tiba-tiba. 

  1. Tidak mengumpan balik daya menuju rumah Anda

Jika Anda mendengar himbauan tentang cara memasukkan kembali daya menuju rumah Anda melalui kabel ekstensi yang kemudian menjadi berujung ganda, Anda tidak perlu mengikutinya. Dikarenakan mengumpan balik daya adalah ilegal dan bisa membunuh keluarga Anda melalui linemen pada perusahaan listrik. Jika Anda ingin menyingkirkan dari semua kabel ekstensi, Anda bisa menggunakan saklar transfer, lalu meminta bantuan pada teknisi yang memasangnya untuk keamanan menggunakan beberapa kabel ekstensi. 

  1. Genset dibiarkan dingin sebelum Anda mengisi ulang

Jika Anda mengetahui kondisi mesin genset pana akibat dari mengumpan gravitasi pada karburator. Oleh karena itu, untuk menghindari adanya kecelakaan ataupun terluka parah yang diakibatkan dari menuangkan bahan bakar pada mesin genset yang panas, sebaiknya Anda biarkan mesin genset dingin terlebih dahulu baru kembali dihidupkan.

  1. Menyimpan dan menuang dengan aman

Jika Anda menyimpan bahan bakar untuk genset di dalam rumah, pastikan berada ditempat yang aman seperti gudang ataupun garasi yang terkunci. Pastikan untuk jauh dari ruangan yang digunakan untuk beraktivitas keluarga Anda. jika Anda ingin mengisi bahan bakar, sebaiknya menggunakan alat bantu seperti corong supaya tidak tumpah dan mencegah terjadinya kebakaran. Jangan sampai tertumpah pada benda atau barang yang mudah terbakar karena sangat membahayakan keselamatan keluarga Anda. 

  1. Letakkan genset di tempat rata

Letakkan genset mitsubishi ditempat yang rata, jika diletakkan miring tentu pencelup tidak dapat menjangkau ke semua oli dan beberapa mesin akan mengalami kekeringan. Sehingga Anda perlu mencari permukaan tanah yang datar dan rata untuk meletakkan genset. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *