tes kesuburan

Takut Mandul? Inilah Daftar Tes Kesuburan Yang Harus Dilakukan

Tes kesuburan merupakan solusi paling tepat bagi anda yang ingin mengetahui apakah mandul atau tidak. Tentu semua orang selalu berupaya untuk bisa memberikan anak sesuai dengan keinginan masing – masing. Untuk mengetahui pria atau wanita itu mandul, bisa dilakukan dengan beragam tes untuk kesuburan di bawah ini:

Apa Saja Tes Untuk Pria

Pada dasarnya tes subur untuk pria ada banyak sekali jenisnya. Biasanya setiap orang akan melalui berbagai pemeriksaan fisik terlebih dulu. Alat tes kesuburan pria di apotik ini seperti analisis sperma, ultrasonografi atau USG, pemeriksaan hormon, biopsi testis, dan pemeriksaan genetik. 

Pertama, analisis sperma merupakan salah satu tes yang bisa berguna untuk mengetahui jumlah dan kualitas sperma yang ada di dalam. Selain itu, anda juga memiliki kesempatan yang sama untuk melihat bentuk serta pergerakan pada sperma. 

Kedua, ultrasonografi atau USG bisa dikatakan sebagai salah satu tes yang bisa memperlihatkan kondisi organ reproduksi pria. Bahkan dengan melakukan USG ini, anda bisa mengetahui sejauh mana kondisi kelainan yang ada di dalam. 

Ketiga, pemeriksaan hormon merupakan salah satu tes yang bisa ditujukan agar menentukan tingkat hormon seks. Tingkat hormon ini pun memiliki peranan penting karena bisa menghasilkan sperma, contohnya adalah testosteron. 

Keempat, biopsi testis yang bisa digunakan sebagai alat tes subur untuk memeriksa apakah ada masalah yang ada di dalam proses produksi sperma. Sebut saja seperti tumor atau kanker yang biasanya terjadi pada testis. 

Kelima, pemeriksaan genetik bisa menjadi salah satu alat tes subur yang bisa memperkirakan apakah ada kelainan lain di dalam tubuh. Biasanya jika terdapat kelainan ini merupakan salah satu penyebab pria mengalami kemandulan. 

Apa Saja Tes Untuk Wanita

Selain pria, wanita juga memiliki kesempatan yang sama untuk mengalami kemandulan. Ada beberapa tes yang bisa dilakukan contohnya seperti tes ovulasi, pemeriksaan cadangan pada ovarium. Lalu ada juga alat tes kesuburan wanita lain seperti tes pencitraan, histeroskopi dan tes hormon. 

Pertama, tes ovulasi merupakan tes wanita pertama yang bisa digunakan untuk mengukur kadar hormon. Hal ini juga mempengaruhi apakah seorang wanita yang sedang melakukan ovulasi bisa memberikan sel telur dengan kualitas terbaik. 

Kedua, adanya pemeriksaan cadangan sel telur pada ovarium. Tes ini berguna agar anda bisa mengetahui seberapa baik kualitas sel telur tersebut. Bahkan anda juga bisa mencari tahu berapa jumlah sel telur yang tersedia untuk melakukan ovulasi. 

Itulah beberapa tes subur yang bisa dilakukan baik untuk pria maupun wanita. Jadi, untuk mengetahui tingkat kesuburan bisa langsung melakukan salah satu tesnya. Sebab setiap tes pasti ditujukan dengan maksud yang berbeda – beda antara satu sama lain. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *