Gambar tangan perempuan sedang meletakkan piring di mesin pencuci piring

Peralatan Yang Tidak Boleh Masuk Dish Washing Machine

Walaupun alat pencuci piring otomatis dapat mencuci dan membersihkan peralatan masak dan makanan. Namun ada beberapa peralatan dapur dan makan yang sebaiknya tidak dicuci dengan alat ini. Berikut peralatan – peralatan yang sebaiknya tidak anda cuci dengan jual dish washing machine. Jual dish washing machine juga perlu dijelaskan agar pembeli mengerti perihal ini.

  • Wajan Dan Teflon

Alat penggorengan seperti wajan dan teflon sebaiknya tidak dicuci menggunakan dishwasher. Karena kedua alat penggorengan ini dapat menyebabkan mesin pencuci piring bisa rusak. Belum lagi sisa – sisa minyak dan bumbu yang digunakan bisa menyumbat sirkulasi air pada alat tersebut.

  • Peralatan Dari Kayu Dan Bambu

Jika terlalu lama air merendam peralatan yang terbuat dari kayu atau bambu seperti spatula, sendok kayu dan alat – alat lainnya bisa membuat menjadi retak. Selain itu, bisa membuat lapisan pelindung minyak luntur sehingga dapat mengakibatkan tekstur menjadi kasar dan peralatan kehilangan bentuk aslinya. Sehingga peralatan dari kayu ini kehilangan kesan estetikanya dan jadi susah saat digunakan. Anda cukup mencuci dengan tangan seperti pada umumnya agar lebih aman.

  • Keramin Dan Porselin Vintage

Jika anda menyukai dan mengoleksi peralatan dari keramik atau porselin vintage, seperti cangkir atau mug, piring yang umumnya berasal dari China, sebaiknya hindari mencuci peralatan dengan dishwasher dan menggunakan deterjen. Karena dapat mengakibatkan peralatan tersebut retak, merusak detail, setiap ukiran, atau motif lukisan yang dibuat dengan tangan.

  • Botol Berlabel

Jika anda memiliki botol dengan label seperti botol selai atau botol bumbu – bumbu dapur yang berbentuk bubuk. Sebaiknya terlebih dulu anda hapus label kertas dan sisa – sisa perekatnya sebelum proses pencucian. Bekas label atau gumpalan bubuk ini bisa terjebak dalam filter dan dapat menyebabkan kerusakan serius pada jual dish washing machine.

  • Peralatan Aluminium

Peralatan masak yang berbahan aluminium seperti loyang, sebaiknya harus benar – benar anda perhatikan di saat mencucinya. Dan sebaiknya anda pisahkan dari piring saat mencucinya dengan mesin pencuci piring, hal itu dapat meninggalkan bercak atau noda hitam pada alat – alat tersebut. Namun lebih baik lagi, cuci peralatan tersebut secara manual dengan menggunakan tangan.

  • Benda Tajam Dan Parutan

Peralatan masak yang tajam seperti pisau dan parutan keju, sebaiknya anda hindari mencucinya dengan dish washing machin. Selain bahaya yang bisa saja terjadi, pada peralatan tersebut masih terdapat sisa irisan atau keju tabur. Membuat proses pencucian dishwasher tidak maksimal dan anda harus mengulanginya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *