Gambar hand mixer

Apa Saja Fitur pada Commercial Mixer?

Mixer komersial merupakan salah satu peralatan yang sangat berguna di dunia kuliner, dan bisa kamu investasikan. Dengan banyaknya fitur mulai belt, hingga pelindung mangkuk, commercial mixer sangat cocok digunakan untuk berbagai restaurant. Berikut merupakan fitur-fitur yang terdapat di commercial mixer yang penting kamu ketahui. 

Sistem penggerak

Mixer umumnya didesain untuk sistem yang digerakkan oleh sabuk (belt) atau yang digerakkan oleh roda gigi. Sementara kedua jenis dirancang untuk tahan terhadap penggunaan komersial yang lebih tinggi, ada beberapa keuntungan dan kerugian untuk keduanya: 

  • Menggunakan Belt

Mixer ini dapat mengalami “selip” sabuk, atau cengkeraman yang terjadi antara sabuk dan penggerak, sehingga mengurangi rasio kecepatan sistem mixer. Jika perbaikan diperlukan, mereka cenderung lebih murah untuk memperbaiki daripada sistem roda gigi.

  • Berbasis roda gigi

Roda gigi akan mengurangi risiko slip sistem penggerak. Namun jika perbaikan diperlukan, mereka cenderung lebih mahal daripada sistem menggunakan belt.

Kecepatan Mixer

Commercial mixer biasanya memiliki beberapa kecepatan operasi yang berbeda yang mempengaruhi kecepatan putar agitator. Sebelum menggunakan, pastikan kamu membaca literatur pabrikan, karena terdapat beberapa produk tertentu yang hanya bisa bercampur pada kecepatan tertentu. 

Pertimbangkan juga apakah mixer yang kamu gunakan bisa untuk mengubah kecepatan saat proses pengoperasian. Terdapat beberapa model mixer yang bisa menyesuaikan dengan cepat, sehingga pastinya akan membantu produktivitas pekerjaanmu. 

Tidak semua mixer dirancang untuk bisa menerima tekanan mekanis yang berhubungan dengan penyesuaian kecepatan, untuk mixer tersebut kamu harus mematikan unit sebelum mengubah kecepatannya. Hal ini membantu mencegah kerusakan internal dan memastikan keamanan pengguna hingga akhir pengoperasian.

Tenaga yang dibutuhkan 

Mixer yang lebih besar cenderung membutuhkan horsepower yang lebih tinggi daripada model yang lebih kecil hal ini dikarenakan mixer akan mencampur lebih banyak bahan pada satu waktu. Mixer yang lebih besar akan lebih cocok untuk mengolah adonan yang lebih tebal dan kaku (seperti adonan pizza), yang membutuhkan lebih banyak tenaga untuk mengaduk daripada yang lebih ringan.

Pelindung mangkuk

Pelindung mangkuk ini biasanya dapat berupa plastik atau kawat di sekitar bagian atas mangkuk, pelindung ini berfungsi untuk mencegah tangan, pakaian, atau benda asing bersentuhan dengan agitator selama pencampuran, dan sebagian besar mixer harus menyertakan pelindung ini untuk mematuhi peraturan OSHA (Occupational Safety and Health Administration).

Staf yang mengoperasikan harus memahami bahaya mengoperasikan mixer, jangan memasukkan tangan, jari, atau peralatan ke dalam mixer saat proses operasi dapat memiliki konsekuensi yang sangat negatif. Tidak hanya mengoperasikan, cara membersihkan mixer juga penting untuk diperhatikan untuk keselamatan dan keamanan.

Berikut tadi merupakan beberapa fitur yang terdapat pada commercial mixer. Pastikan sebelum menggunakan mixer tersebut, baca dan pahami seluruh informasinya. Sehingga semua fitur dan aplikasi dari mixer dapat digunakan secara maksimal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *