Gambar mesin espresso

2 Tips Membeli Mesin Espresso dan Cara Merawatnya

Berbicara mengenai kopi tidak akan ada habisnya mengingat minuman yang satu ini memiliki cita rasa yang khas. Nah, bagi anda yang berniat untuk memiliki Astoria machine Espresso agar bisa membuat kopi sendiri dirumah. Berikut tips membeli Mesin Espresso!

Tips Membeli Mesin Espresso:

  1. Apa tujuan membeli mesin kopi

Tujuan yang dimaksud disini adalah anda ingin membeli mesin kopi untuk apa, misal untuk belajar membuat kopi sendiri dirumah, membuka kedai kopi dan lainnya.

  1. Sesuaikan dengan budget

Setelah anda tahu tujuan mengapa membeli mesin kopi, maka anda perlu mempertimbangkannya dengan budget yang tersedia. Anda bisa membeli dengan harga standar atau dengan harga yang lebih tinggi tentunya memiliki spesifikasi yang lebih bagus.

Ketika anda sudah mendapatkan Astoria machine Espresso jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan bagian dalam dan luar mesin kopi. 

Cara Merawat Mesin Espresso:

  1. Perawatan saat diperlukan

Perawatan ini dilakukan tergantung dari banyaknya kopi yang anda buat, misalnya dengan membersihkan drip tray saat wadah tetes telah penuh. Membersihkan dreg plate dan drew drawer saat indicator pada mesin kopi sudah muncul di layar. Bersihkan juga area luar mesin kopi untuk menghindari kerusakan yang akan mengganggu kinerja mesin kopi.

  1. Perawatan mingguan

Meliputi, menjaga kebersihan brewing unit agar karakter rasa espresso tetap konsisten. Jika brewing unit jarang dibersihkan maka akan memengaruhi ekstraksi yang berakibat pada perubahan sajian espresso. 

  1. Perawatan bulanan

Biasanya untuk membersihkan mesin kopi bagian internal atau pada aliran pipa (Descaling). Dengan tujuan untuk memastikan tidak ada kotoran didalamnya, serta menjaga bagian internal lainnya agar tetap berfungsi dengan baik. 

Tidak semua mesin kopi harus dibersihkan setiap bulannya, ada yang setiap tiga bulan sekali tergantung jenis mesin serta banyaknya sajian kopi yang dibuat per harinya.

Itulah sekilas tentang Astoria machine Espresso yang bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin membeli mesin kopi atau yang belum terlalu memahami bagaimana cara merawatnya dengan baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *