Ilustrasi whatsapp

Beragam Status WA (WhatsApp) Business Service Provider

Dalam penggunaan WA API (Application Programming Interface) sebagai WA resmi perusahaan atau organisasi yang telah bercentang biru dan terintegrasi serta bisa melakukan reply chat WA secara otomatis maka pengguna WA API haruslah menjalin kerjasama dengan WA BSP (Business Service Provider). Namun Status WhatsApp Business Service Provider itu juga bermacam-macam. Perlu memilih dengan cermat sebelumnya.

Beragam Status WA BSP

WhatsApp Business Service Provider (BSP) atau WA BSP bisa dibagi menjadi dua jenis status, yakni WA BSP yang sudah terotorisasi oleh pihak WhatApps atau disebut sebagai official partner WA dan WA BSP yang belum terotorisasi dengan WhatsApps atau non official partner WA. Bagi perusahaan atau organisasi atau kalangan bisnis yang ingin membuat WA API nya maka disarankan untuk memilih menjalin kerja sama dengan WA BSP yang telah terotorisasi dan sudah masuk dalam daftar buku putih WhatsApp. Dengan demikian maka dapat dihindari risiko akan tidak terjadinya atau mengalami kendala apapun dalam pemakaian WA API nya ke depannya nanti di masa selanjutnya.

Beberapa WA BSP

Berikut ini adalah beberapa WA BSP tersebut, yakni ada qiscus, dan kontak, juga 8×8 dan waviro serta talkabout dan lain sebagainya¬† yang menyediakan jasa pembuatan dan pendaftaran WA API. Guna pembuatan dan pendaftaran WA API maka perlu menjalin kerja sama dengan komunitas global WhatsApp Business Service Provider (BSP) tersebut.

Tips memilih WA BSP

Guna menjaga kepentingan jangka panjang penggunaan WA API perusahaan atau lembaga atau organisasi maka sebaiknya pilih untuk menjalin kerja sama dengan official WA BSP atau WA (WhatsApp) Business Service Provider (BSP) yang telah terverifikasi dan terotorisasi secara resmi diakui oleh pihak WhatsApp. Selain pertimbangan dengan penawaran harga jasanya serta tawaran berbagai fitur menarik yang disediakan. Hal ini penting karena jika WA (WhatsApp) Business Service Provider (BSP) atau WA BSP tersebut statusnya belum diakui di WhatsApp secara resmi maka akan timbul risiko suatu saat bisa saja akan mengalami kendala dan gangguan selama penggunaan WA API nya akibat software yang tidak kompatibel dengan pembaharuan sistem di WhatsApp yang sering terjadi dan dilakukan secara berkala guna kepentingan upgrade dan penyempurnaannya dari waktu ke waktu.

Dengan demikian maka perlu pertimbangan yang cermat dan teliti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *