Ilustrasi Integrasi Ecommerce dengan ERP

Penting Kenapa Anda Harus Melakukan Integrasi Ecommerce Dengan ERP

Bagi Anda yang kurang memahami tentang apa pengertian dari ERP, ringkasnya ERP bisa dikatakan sebagai sebuah konsep untuk melakukan pendataan atau membuat database seluruh data perusahaan. Semua data yang ada ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam e-commerce maka dari itu penting bagi anda untuk melakukan integrasi ecommerce dengan ERP.

Sebenarnya ERP ini biasa digunakan untuk bisnis yang besar namun jika sebuah UMKM atau Anda yang masih pemula dalam bisnis ini menggunakan konsep ERP maka akan lebih menguntungkan dalam pengelolaan bisnis. Untuk mengetahui lebih banyak tentang ERP dan alasannya kenapa ERP harus diintegrasikan dengan e-commerceanda, simak beberapa rinciannya berikut ini.

  1. Mengatur Persediaan

Memanfaatkan ERP yang sudah diintegrasikan dengan ecommerce Anda dapat mendapatkan informasi tentang persediaan dengan sangat mudah. Kalau semua data tentang persediaan yang ada di gudang sudah terdapat dalam ERP maka ecommerceanda akan secara otomatis meneruskan stok dari gudang kepada pelanggan.

Dari sini bisa dilihat bahwa penggunaan ERP itu sangat penting dan sebaiknya harus digunakan pada sebuah ecommerce. Apalagi ecommerce yang serba online dan digital harus mendapatkan informasi secara cepat dan akurat, biasanya pembeli tidak suka menunggu lama dan tidak suka produk atau ecommerce yang kurang jelas informasinya.

  1. Mencatat Pendapatan Secara Otomatis

Pada ecommerce pastinya akan ada catatan tentang penjualan, jika diintegrasikan dengan ERP maka semua jumlah penjualan dan berapa persentase keuntungannya sudah bisa tercatat dengan otomatis dalam database perusahaan. Beberapa sistem yang ditambahkan pada server untuk menghitung persentase laba dan berapa modal yang harus digunakan untuk membuat produk kembali juga bisa di atur dalam ERP.

  1. Meningkatkan Kepuasan Dari Pelanggan

Menggunakan sistem ERP yang cepat dan instan pelanggan akan mendapatkan informasi akurat tanpa harus menunggu lama. Semua data pada integrasi ecommerce dengan ERP bisa diakses oleh pelanggan dengan sangat mudah dan pastinya data akan selalu di-update secara real-time sesuai dengan keadaan database dalam ERP.

  1. Mengatur Permintaan 

Mengatur persediaan sesuai dengan kebutuhan pelanggan akan lebih meningkatkan kinerja perusahaan yang penting pada konsumen. Karena beberapa konsumen biasanya memiliki kebiasaan untuk berbelanja sesuatu barang dalam kondisi tertentu. Misalnya ketika hari-hari besar seperti bulan Ramadhan maka biasanya akan ada banyak permintaan untuk membeli barang-barang seperti baju muslim.

Disinianda bisa mengatur ERP untuk mengatur permintaan sesuai dengan kebiasaan dari konsumen atau pelanggan. Dengan mengatur permintaan sesuai strategi yang sudah dibuat maka akan mengurangi kemungkinan rugi perusahaan, terutama ketika barang tidak habis karena terlalu banyak stok dan permintaan sedikit.

Sistem ERP yang lengkap jika di integrasikan dengan ecommerce maka akan sangat membantu bisnis anda dalam mencapai kesuksesan terutama dalam pengelolaan bisnisnya. Apalagi pengelolaan bisnis menjadi tantangan harian lebih anda karena bisa menjadi tolak ukur dalam mencapai kesuksesan maka dari itu penting bagi anda untuk mengetahui cara melakukan integrasi ecommerce dengan ERP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *