Ilustrasi Baja Ringan Taso Terbaik

Jenis Dan Rangkaian Baja Ringan Yang Wajib Anda Perhatikan!

Anda berencana menggunakan baja ringan taso terbaik sebagai bahan konstruksi bangunan? Jika iya, Anda wajib mengenali lebih dalam tentang jenis – jenis baja ringan dan keunggulan, serta kekurangannya. Hal ini dilakukan agar Anda dapat menyesuaikan kebutuhan atau fungsinya. Sehingga Anda bisa tidak salah memilih, untuk itu disarankan konsultasi lebih dulu ke ahlinya.

Jenis Baja Ringan 

Adapun 3 jenis baja ringan yang bisa Anda kenali lebih dulu sebelum menggunakannya. Dimana perbedaan dari setiap baja ringan  memiliki fungsi dan ukuran yang berbeda tetapi saling dibutuhkan dalam material baja ringan.

  1. Kaso 

Baja ringan kaso atau disebut trus. Baja ringan ini terbagi dalam dua profil, yaitu profil C dan W. Dua profil tersebut memiliki perbedaan ukuran yang mencolok. Jenis Kaso ini bisa menjadi penopang yang dapat diandalkan terutama untuk bahan konstruksi yang tidak dapat menopang beban berat. 

  1. Reng 

Baja ringan reng sangat menonjol bedanya karena bentuknya yang seperti huruf W dan biasanya untuk meletakkan genteng. Hal ini menjadi salah satu perubahan dalam pembangunan gedung atau rumah. Dimana dulu  bahan konstruksi atap menggunakan kayu atau bambu. Lalu munculah inovasi baru bahwa baja ringan taso terbaik dapat digunakan dengan baik untuk bagian atap yang mampu tahan lama dalam kondisi hujan atau panas. Selain itu dapat memberikan kesan modern pada sebuah bangunan.

  1. Taso 

Baja ringan yang memiliki bentuk seperti huruf A yang mempunyai fungsi untuk dapat mengikat baja ringan reng, fungsinya sendiri agar bisa menyusun rangka atap bangunan yang kokoh, sehingga tidak mudah roboh dan tentunya lebih kuat.

Rangkaian Baja Ringan

Proses atau rangakaian dalam baja ringan harus dipastikan. Dimana dalam pemasangan baja ringan wajib diperhatikan, agar kokoh sehingga tidak mudah roboh. Ada beberapa langkah untuk melakukan rangkaian dan hal-hal yang harus diperhatiakan dalam pemasangan baja ringan sebagai berikut : 

  1. Pastikan volume dari baja ringan
  2. Mempersiapkan denah 
  3. Sesuaikan bentuk dari atap baja ringan
  4. Pilih bahan baja ringan sudah SNI
  5. Menentukan penutup atap untuk disesuaikan ketebalannya
  6. Wajib menentukan waktu pemasangannya

Hal – hal yang wajib diperhatikan : 

  1. Jarak kuda-kuda
  2. Sambungan kuda-kuda
  3. Ander
  4. Kaki
  5. Baut yang digunakan

Itulah sedikit informasi mengenai baja ringan taso terbaik yang menjadi bahan konstruksi dalam berbagai jenis bangunan, baik rumah, gedung, atau tempat parkir. Untuk itu diwajibkan mengenal jenis-jenisnya lebih dulu, lalu rangkaian dalam pemasangannya yang harus diperhatikan agar tidak mengalami masalah. Meskipun proses dalam pemasangan terbilang mudah tapi wajib teliti setiap langkahnya. Apalagi jika bangunan tersebut adalah sebuah gedung besar sehingga harus cermati dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *