gambar seorang wanita sedang bekerja dengan laptop

Tips Mudah Memilih Supplier Horeca yang Tepat bagi Bisnis Anda

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui dan mengerti mengenai istilah “Horeca”. Horeca merupakan suatu usaha dalam bidang industri produksi makanan serta minuman. Bagi Anda yang berminat ingin mengembangkan industri Horeca, ada baiknya untuk memperhatikan tips berikut ini dalam memilih supplier Horeca yang tepat. 

  • Melakukan Analisis Track Record

Metode analisis tersebut bertujuan untuk mengetahui bibit bobot dari supplier bisnis Horeca. Analisis Track Record dapat dilihat berdasarkan bentuk layanan pasa supplier tersebut terhadap konsumennya. 

Luangkan waktu untuk mencari segala bentuk informasi tentang supplier tersebut, baik melalui media sosial, komunitas, forum, ulasan dan lain-lain. Hindari memilih supplier yang sering mendapatkan komplain dari para customernya atau melakukan kesalahan berulang kali akibat kelalaiannya saat memberikan pelayanan. 

  • Menpertimbangkan Konsistensi

Menentukan supplier Horeca yang terpercaya perlu memperhatikan konsistensi yang tepat. Terkadang banyak supplier yang punya banyak alasan mengalami kendala dalam hal produksi, pengiriman barang atau mungkin pengemasan. Hal tersebut sangat berhubungan erat dengan profesionalitas, jika supplier terlalu banyak kendala, maka akan sangat mempengaruhi kinerja bisnis yang akan Anda kembangkan. 

Konsistensi yang dimaksud yaitu pertimbangkan masalah peralatan kerja yang digunakan oleh supplier, jarak kerja, pengiriman barang ataupun waktu tempuh yang diperlukan. Tujuan dari tindakan tersebut untuk mencegah terjadinya kerugian di kemudian hari. 

  • Meminta Produk Sampel Terlebih Dahulu

Untuk menghilangkan rasa ragu Anda terhadap pelayanan serta kualitas yang ditawarkan calon supplier, tidak ada salahnya jika Anda meminta sedikit produk sebagai sampel. Hal tersebut sangat membantu dalam hal memberikan keputusan selanjutnya. Tetapi walaupun sudah banyak customer yang membuktikan bahwa produk enak dan berkualitas, Anda harus tetap memastikannya sendiri dengan memeriksa kualitas produk tiap order. 

  • Mencari Produsen Horeca Secara Langsung

Dalam mengembangkan bisnis Horeca, sebaiknya pilihlah supplier tangan pertama yang memproduksi langsung setiap produknya. Ternyata dengan memanfaatkan supplier tangan pertama, margin keuntungan yang akan Anda dapatkan jauh lebih besar. Dibandingkan mendapatkan produk dari supplier 2,3,4 seterusnya yang tentunya sudah dibandrol dengan harga yang lebih tinggi dari pabriknya. 

  • Milikilah Supplier Horeca Lebih dari Satu

Agar bisnis Anda memiliki produk yang lebih beragam dengan harga miring, tidak ada salahnya jika harus mencari dan order lebih dari satu supplier. Alternatif tersebut juga saat berguna ketika supplier pertama mengalami kehabisan produk karena permintaan produk yang overload. Anda bisa memanfaatkan produk dari supplier Horeca lainnya agar bisnis yang sedang berjalan tidak mengalami hambatan. Selain itu Anda juga lebih mudah dalam melakukan perbandingan harga. 

Jika Anda bekerja sama dengan supplier yang tepat, maka hal tersebut akan sangat membantu dalam mengembangkan bisnis Anda kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *