Ilustrasi wanita hamil

3 Cara Deteksi Ovulasi Secara Alami Tanpa Perlu Alat Tes

Penting kiranya untuk melakukan deteksi ovulasi atau deteksi masa subur wanita dengan alat pendeteksi ovulasi pada wanita bagi setiap pasangan yang sudah menikah. Sebab, deteksi masa subur akan sangat berguna dalam merencanakan maupun menunda kehamilan.

Adapun masa subur seorang wanita dapat diketahui melalui berbagai ciri-ciri fisik. Selain itu, dapat pula dilakukan lewat berbagai alat bantu seperti menghitung menggunakan kalkulator masa subur, maupun menggunakan alat pendeteksi ovulasi pada wanita. 

Dibawah ini merupakan beberapa cara alami yang bisa dilakukan pasangan suami istri untuk mengetahui masa subur wanita.

  1. Mengecek perubahan suhu basal

Suhu basal merupakan suhu terendah yang dicapai tubuh pada saat beristirahat. Suhu basal dapat dicek saat seseorang baru terbangun dari tidurnya, dan belum melakukan aktivitas apapun.

Umumnya, suhu basal normal berkisar antara 35,5 sampai 36 derajat celcius. Para wanita yang akan memasuki masa subur biasanya memiliki kadar suhu basal yang lebih tinggi dari biasanya. 

Pengecekan suhu tubuh ini tentunya harus dipantau dari waktu ke waktu.

  1. Mengecek adanya lendir serviks 

Deteksi ovulasi juga bisa diketahui lewat perubahan kadar lendir serviks. 

Lendir serviks adalah cairan yang dihasilkan oleh rahim dan dapat mengalir pada mulut vagina. Cairan ini amat berguna dalam membantu sperma bergerak menuju sel telur. 

Pada masa subur, seorang wanita akan menghasilkan lendir serviks lebih banyak daripada biasanya. Para istri dapat mengecek hal ini dengan mengelap mulut kemaluan menggunakan kertas tissue. Bila didapati cairan bening yang lengket dan licin, maka itu berarti kadar lendir serviks sedang meningkat, menandakan bahwa masa subur sedang terjadi.

  1. Merasa Lebih Bergairah

Bila istri tampak bersemangat untuk mengajak suami berhubungan, bisa jadi itu merupakan ciri-ciri masa subur pada wanita.

Umumnya, wanita akan merasa lebih bergairah untuk berhubungan di masa subur. Hal ini disebabkan oleh peningkatan kadar hormon estrogen pada tubuh mereka. Peningkatan kadar hormon ini juga membuat beberapa perubahan fisik yang dapat diketahui dengan jelas, seperti wajah yang tampak memerah serta hidung lebih sensitif pada bebauan.

Demikian tadi 3 cara alami untuk mengetahui masa subur wanita. Selain dengan cara alami diatas, deteksi ovulasi juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat pendeteksi ovulasi pada wanita berupa kalkulator masa subur dan alat tes kesuburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *