Ilustrasi Alat Tespek Kesuburan

Penting! Ketahuilah Perbedaan Tespek Kesuburan dan Tespek Kehamilan

Banyak orang yang memiliki kesalahpahaman terkait keberadaan alat tes kesuburan, dimana mengira memiliki fungsi yang sama dengan alat tes kehamilan. Padahal keduanya merupakan dua hal yang berbeda dan memiliki kegunaannya masing-masing. Lalu, apa sebenarnya perbedaan alat tespek kesuburan dan tespek kehamilan? Berikut ini penjelasan singkat terkait perbedaannya.

Perbedaan Tespek Kehamilan dan Kesuburan

Tespek ovulasi atau kesuburan merupakan alat yang cara kerjanya dengan mendeteksi kenaikan hormon luteinizing (LH) yang telah mendahului proses ovulasi. 

Ketika hormon LH mengalami lonjakan, maka hal tersebut menandai bahwa anda sedang berada di masa ovulasi atau di fase paling subur untuk dilakukan proses reproduksi.

Sedangkan pada tespek kehamilan yaitu alat yang cara kerjanya mendeteksi ada tidaknya hormon yang diproduksi karena masa hamil yaitu hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urin seorang wanita.

Menjadi hal yang menarik bahwa LH dan hCG memang mempunyai tingkat kemiripan yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan keduanya sama-sama terdiri dari zat protein yang diselimuti gula. Tespek kesuburan biasanya tidak dapat membedakan kedua hormon tersebut.

Apakah Tespek kesuburan dapat digunakan sebagai tespek kehamilan?

Ketika anda menggunakan kedua tespek tersebut dalam waktu yang bersamaan dengan tujuan mengecek kehamilan dan memperoleh hasil yang sama, berarti keduanya memang akurat menunjukan hasil positif.

Akan tetapi ketika anda hanya menggunakan alat tespek kesuburan saja untuk kepentingan tes kehamilan, maka hal tersebut bukan merupakan cara yang disarankan. Penggunaan alat tes kesuburan untuk tes mengetahui kehamilan memiliki tingkat akurasi yang sangat rendah.

Apalagi ketika anda menggunakan alat tespek kesuburan yang standar untuk cek kehamilan, maka biasanya akan menunjukan hasil positif.

Oleh karena itu, sebaiknya anda menggunakan kedua tespek tersebut sesuai dengan fungsinya masing-masing. Ketika belum menunjukan tanda-tanda kehamilan dan ingin cepat hamil, maka anda dapat menggunakan tespek kesuburan untuk mengecek apakah anda di dalam masa subur atau tidak untuk reproduksi.

Dan jika anda sudah merasakan tanda-tanda kehamilan, maka dapat menggunakan tespek kehamilan untuk memastikan apakah anda hamil atau tidak secara lebih akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *