ilustrasi logistik e-commerce

Menerapkan Strategi Supply Chain Managemen (SCM) Dalam Solusi Logistik E-Commerce Perusahaan

Solusi logistik e-commerce perusahaan dalam menghadapi berbagai permasalahan bisnis e-commerce merupakan sebuah hal yang penting untuk diterapkan. Hal ini perlu untuk dilakukan sebagai salah satu cara dalam hal memajukan bisnis-ecommerce di Indonesia.  

Berbagai situs e-commerce yang telah hadir saat ini sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan barang yang diinginkan dan dibutuhkan dengan lebih mudah tanpa harus pergi ke mana-mana. Selain mudah dan praktis, hal ini juga akan banyak menghemat waktu Anda. 

Demi meningkatkan kinerja logistik e-commerce, perlu adanya penerapan strategi supply chain managemen oleh perusahaan e-commerce seperti berikut ini sebagai solusi logistik e-commerce perusahaan

Perencanaan Yang Tepat 

Untuk aktifitas yang terlibat dalam perencanaan ini seperti prakiraan permintaan konsumen, perencanaan produksi, perencanaan tenaga kerja serta pengiriman barang dan transportasi. 

Prakiraan permintaan barang penting adanya, karena dengan ini penjual bisa mengetahui jumlah produk yang harus dipersiapkan agar mempermudah proses produksi barang yang sesuai dengan permintaan konsumen.  

Estimasi Pembelian Dan Pengadaan Barang Yang Tepat 

Sebagai seorang penjual, sebaiknya Anda melakukan pemasokan stok barang sesuai dengan kebutuhan. Hindari melakukan penyetokan barang yang terlalu banyak karena jika barang yang di stok terlalu banyak sedangkan kebutuhan konsumen sedikit, maka barang akan terlalu lama berada di gudang Anda sehingga menjadi rusak. 

Selain itu, hindari juga pemasokan barang yang kurang dan terlambat. Jangan sampai konsumen Anda melakukan pemesanan sedangkan stok barang sedang kosong. Hal ini akan membuat konsumen merasa kecewa dan menurunkan tingkat kepercayaan mereka terhadap perusahaan Anda. 

Selalu Up-To-Date Terhadap Stok Barang Di Gudang 

Setiap barang yang keluar dan masuk ke dalam gudang harus melalui proses pencatatan. Pengecekan jumlah barang harus selalu dilakukan secara berkala agar tidak ada perbedaan antara jumlah fisik barang yang ada dengan jumlah barang yang tercatat. 

Memanfaatkan Software Khusus Untuk Memantau Pengiriman Barang 

Sebagai pelaku bisnis e-commerce, Anda harus mampu memanfaatkan berbagai teknologi yang ada untuk mengatur supply chain bisnis e-commerce Anda. 

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan software khusus yang bisa membantu Anda dalam melakukan management terhadap proses order barang, kelola inventory, memantau status supplier dan lain sebagainya. Melalui software tersebut, Anda juga bisa memantau status logistik dengan mudah. 

Memberikan Kemudahan Terhadap Proses Retur Barang 

Karena kegiatan transaksi pembelian barang dilakukan secara online, terkadang ada kalanya barang yang sampai ke tangan konsumen tidak sesuai dengan yang diharapkan sehingga mereka ingin melakukan retur barang. 

Sebagai penyedia layanan e-commerce, pastikan bahwa proses retur barang tersebut bisa dilakukan dengan mudah dan tidak berbelit-belit. Selain membantu konsumen, hal ini pun juga akan sangat memudahkan penjual dalam menyiapkan barangnya.  

Demikian tadi penerapan strategi supply chain managemen (SCM) dalam solusi logistik e-commerce perusahaan demi mengatasi berbagai permasalahan yang ada di dunia bisnis e-commerce. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *