ilustrasi genset 1500

Manfaat dan Kegunaan Genset, Sudah Tahu?

Seiring perkembangan zaman, ketersediaan tenaga listrik semakin menipis. Oleh sebab inilah pemerintah sering melakukan pemadaman listrik dengan bertujuan untuk melakukan penghematan listrik.

Namun, kebijakan ini justru merugikan para pengusaha karena dapat mempengaruhi nilai produksi mereka. Menjawab persoalan tersebut banyak perusahaan yang membeli mesin genset 1500 untuk digunakan sebagai cadangan arus listrik. 

Fungsi lain dari genset 1500

  1. Dari segi kebutuhan

Tidak hanya dibutuhkan sebagai cadangan arus listrik, genset juga dipakai pada sebuah acara yang memerlukan pasokan listrik besar, namun di tempat tersebut tidak terdapat energi listrik. 

Maka genset bisa menjadi solusi dari permasalahan diatas. Alat ini dapat membantu menyuplai listrik dengan kapasitas 220 hingga 300 volt.

  1. Dari segi kelistrikan

Genset dibuat dengan sistem generator yang dapat mengubah arus listrik DC menjadi arus AC atau sebaliknya, dengan cara kerja mengubah bahan bakar kimia menjadi energi mekanik. Ini dapat digunakan sesuai kebutuhan pada rancangan listrik yang berada di tempat tersebut.

  1. Dari segi ekonomi

Genset 1500 bisa menjadi solusi saat terjadi pemadaman listrik. Jika anda pemilik sebuah perusahaan, tentu genset memberi peran besar dari segi ekonomi. Karena proses produksi akan tetap berjalan meski terjadi pemadaman listrik di lokasi tersebut.

Ini karena genset dapat menjadi tenaga pembangkit listrik  berkapasitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Umumnya, semakin besar skala perusahaan, maka harus semakin besar pula tenaga genset yang diperlukan.

  1. Dari segi fisika

Fungsi Genset dari segi ini yaitu dapat mengubah tegangan dari bahan bakar yang tersedia. Genset memiliki kapasitas yang berbeda, yakni satu fasa, dan tiga fasa.

Pada kapasitas satu fasa, mengandalkan tegangan tinggi yang dihasilkan dari aliran kutub L ke kutub N yang netral.

Sedangkan pada kapasitas tiga fasa, tegangan daya yang lebih tinggi karena arus yang dihasilkan terjadi akibat tegangan dua kutub. 

Umumnya genset 1500 dengan kapasitas tiga fasa digunakan bagi keperluan rumah tangga kelas menengah ke atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *