Gambar seorang pria sedang melihat e-commerce di handphone

Mengenal Jenis – Jenis E – Commerce Yang Paling Banyak Digunakan

Pada era yang semuanya dapat dilakukan secara online ini, maka banyak orang semakin tahun dengan berbagai jenis e-commerce service yang dipakai. E-commerce merupakan sebuah tempat untuk penjual dan pembeli saling dipertemukan, lebih sederhananya adalah merupakan pasar virtual. 

Jenis – jenis E-commerce Indonesia yang Terkenal

Cara kerja dari e-commerce service sebenarnya begitu mudah untuk dipahami, para penjual hanya harus mengupload berbagai produk yang akan ditawarkan di platform e-commerce. Inilah beberapa jenis dari e-commerce yang umumnya akan digunakan :

1.B2C ( Business to Consumer

Jenis yang satu ini paling banyak penggunanya di Indonesia yang mana merupakan sebuah toko ritel yang mana melakukan transaksi bisa dengan cara online, dinamis, dan sangat mudah berkat adanya sebuah teknologi yang begitu canggih. 

  1. C2C ( Consumer to Consumer

Biasanya untuk yang satu ini akan menjual berupa barang bekas atau biasa disebut dengan preloved yang masih mempunyai bentuk yang bagus. Pemiliknya sudah tidak memerlukannya lagi sehingga memutuskan untuk menjualnya. E-commerce Indonesia yang satu ini hampir sama populernya dengan B2C, maka di dalamnya akan terdapat sebuah fitur untuk transaksi langsung. 

Bedanya tidak ada transaksi yang akan dilakukan secara online karena hanya sebuah platform untuk menjembatani penjual dan pembeli saja. Pembeli dapat bertemu secara langsung dengan penjual supaya bisa melakukan pemeriksaan terhadap kualitas barang yang sebelumnya sudah ditawarkan. Barulah jika sudah terjadi kecocokan bisa melakukan pembayaran. 

  1. B2B ( Business to Business

B2B merupakan jenis e-commerce yang terbesar karena akan melibatkan kedua belah pihak secara khusus dan memiliki modal yang besar. Bisa disebut dengan melakukan bisnis dengan satu dan yang lainnya, sehingga nantinya akan menyediakan barang untuk jumlah yang sangat banyak. 

Hal ini sering juga disebut dengan melakukan pembelian secara grosir untuk memenuhi akan kebutuhan stock, sehingga dapat dijual kembali bagi para pebisnis. 

  1. C2B ( Consumerto Business

Konsumen mempunyai sebuah produk maupun jasa yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan, dan sering dicari. Misalkan seorang ilustrator yang biasanya dapat membuat jasa gambar, untuk digunakan perusahaan yang sedang membutuhkan jasanya. 

  1. O2O ( Online to Online

Jenis e-commerce service yang hanya berbentuk sebuah situs online maupun aplikasi yang bertujuan agar banyak orang tahu dan melakukan kunjungan ke toko fiskal yang dimilikinya. Jadi dapat dikatakan O2O ini adalah iklan yang jika kita lakukan download akan memiliki banyak promo yang masih jarang orang umum tahu. 

Misalnya seperti sebuah minimarket yang dapat melakukan request untuk mengantarkan barang secara langsung ke rumah dengan cara harus mendownload aplikasi yang dimiliki oleh minimarket tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *