adcp survey untuk analisa gelombang dan arus pada laut

Jenis-jenis ADCP Survey hingga Kelebihan dan Kekurangannya

Dalam melakukan pengukuran arus laut atau menganalisa gelombang dapat dilakukan dengan menggunakan adcp yang sudah memiliki teknologi tingkat tinggi. ADCP ini nantinya bekerja menggunakan efek doppler dan juga menggunakan gelombang suara. Terdapat setidaknya 3 jenis adcp, berikut ini ulasan mengenai jenis jasa adcp survey untuk analisa gelombang dan arus pada laut dan juga kelebihan serta kekurangan alat ini.

Jenis-jenis ADCP Survey

Untuk jenis pertama adalah RD-ADCP (Direct-Reading ADCP) yang merupakan salah satu jenis adcp yang menggunakan gelombang suara sebagai alat pendeteksinya dan mempunyai tingkat akurasi yang cukup tinggi. Dengan menggunakan alat ini dapat meliputi besar dan arah arus air hingga ke 128 titik pada kolom air dan kedalaman air yang bisa mencapai ratusan meter yang tergantung pada frekuensi yang digunakan saat melakukan pengukuran arus dengan adcp.

Jasa adcp survey untuk analisa gelombang dan arus pada laut ini dioperasikan dari kapal atau perahu dan nantinya kaan dihubungkan langsung ke komputer sehingga hasilnya dapat diamati secara langsung. Jenis berikutnya adalah Hull-mountedadcp yang dimana sudah terpasang langsung di kapal sehingga pengukuran arus dengan adcp dapat langsung diamati sama halnya dengan DR-ADCP.

Jenis yang terakhir adalah mooringadcp yang dapat melakukan pengukuran arus di suatu titik tetap dalam waktu tertentu dan hasil pengukuran arus nantinya akan tersimpan di dalam memori alat ini. Dikarenakan harga alat adcp yang cukup mahal di setiap jenisnya, maka pengukuran arus atau analisa gelombang dengan adcp ini biasanya dilakukan oleh tenaga profesional dari lembaga tertentu.

Kelebihan dan Kekurangan Alat ADCP Survey

Kelebihan pada alat ini adalah dapat bekerja di kapal dengan penentuan posisi yang sinkron dan lengkap disertai dengan buttomtracking dan permukaan laut dengan menggunakan GPS, alat ini juga mampu memberikan sistem real time karena alat yang terpasang langsung di kapal dan mampu memonitoring pelabuhan dan pesisir pantai.

Pengukuran arus dengan adcp ini juga cukup mudah digunakan walaupun sudah menggunakan teknologi tingkat tinggi, selain itu alat ini juga mempunyai sistem otomatis yang dilengkapi dengan baterai dan perekam yang canggih. Alat ini juga mampu untuk mengukur arus skala kecil dan juga mampu menjangkau ukuran kolam air sampai kedalaman 1000 meter. Alat ini juga memiliki akurasi yang cukup tinggi dan cukup ringan dan sensor jarak jauh dengan teknologi tinggi

Kekurangan alat ini adalah baterainya yang cepat habis, partikel juga tidak dapat dideteksi dengan jelas apabila suatu perairan terlalu jelas seperti di daerah tropis sehingga data yang dihasilkan tidak bisa maksimal. Apabila terdapat gelembung air atau biota laut lainnya dapat mempengaruhi hasil keseluruhan data perhitungan arus dan juga harga alat adcp cukup mahal sehingga membutuhkan perawatan yang cukup telaten dan membutuhkan banyak biaya.

Itulah ulasan mengenai jenis jasa adcp survey untuk analisa gelombang dan arus pada laut. Adcp ini biasanya digunakan untuk tujuan penelitian dan berbagai kepentingan lainnya, pengambilan data dapat dilakukan dengan bantuan profesional agar mendapatkan hasil maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *